Minggu, 11 Januari 2015

Istilah-istilah dalam Dunia Multimedia



Senin 12 Januari 2015





Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Siang bro kali ini saya akan share beberapa yang miungkin anda belum pernah dengar dan mengerti apa itu...


Langsung saja :





1. Semeotika


Menurut kakak wikipedia semiotika adalah Semiotika (juga disebut studi semiotik dan dalam tradisi Saussurean disebut semiologi) adalah studi tentang makna keputusan. Ini termasuk studi tentang tanda-tanda dan proses tanda (semiosis), indikasi, penunjukan, kemiripan, analogi, metafora, simbolisme, makna, dan komunikasi. Semiotika berkaitan erat dengan bidang linguistik, yang untuk sebagian, mempelajari struktur dan makna bahasa yang lebih spesifik. Namun, berbeda dari linguistik, semiotika juga mempelajari sistem-sistem tanda non-linguistik. Semiotika sering dibagi menjadi tiga cabang:
Semantik: hubungan antara tanda dan hal-hal yang mereka lihat; denotata mereka, atau makna
Sintaksis: hubungan antara tanda-tanda dalam struktur formal
Pragmatik: hubungan antara tanda dan tanda-menggunakan agen


Semiotika sering dipandang memiliki dimensi antropologis penting; misalnya, Umberto Eco mengusulkan bahwa setiap fenomena budaya dapat dipelajari sebagai komunikasi.[1]Namun, beberapa ahli semiotik fokus pada dimensi logis dari ilmu pengetahuan. Mereka juga menguji area untuk ilmu kehidupan - seperti bagaimana membuat prediksi tentang organisme, dan beradaptasi, semiotik relung mereka di dunia (lihat semiosis). Secara umum, teori-teori semiotik mengambil tanda-tanda atau sistem tanda sebagai objek studi mereka: komunikasi informasi dalam organisme hidup tercakup dalam biosemiotik (termasuk zoosemiotik).


Referensi : id.wikipedia.org/wiki/Semiot


2. Camera Angle


sudut penempatan kamera pada saat mengambil gambar atau objek agar penonton dapat mengikuti cerita dalam film ataupun sinetron.


3. Anakronisme


Dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah: (1) hal ketidakcocokan dng zaman tertentu; (2) penempatan tokoh, peristiwa percakapan, dan unsur latar yg tidak sesuai menurut waktu di dl karya sastra: dl kalimat "Hang Tuah melihat arloji titusnya, lalu menghidupkan pesawat televisinya" terdapat dua --

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/anakronisme#ixzz3OZkO9VdH


4. Sutradara


Menurut Wikipedia Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip, pembuat film juga digunakan untuk merujuk pada produser film. Manuskrip skenario digunakan untuk mengontrol aspek-aspek seni dan drama. Pada masa yang sama, sutradara mengawal petugas atau pekerja teknik dan pemeran untuk memenuhi wawasan pengarahannya. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya.


sumber : id.wikipedia.org/wiki/Sutradara


5. Sinopsis


Menurut KKBI sinopsis adalah sinopsis merupakan ikhtisar karangan ilmiah yang biasanya dimunculkan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut. Sinopsis secara garis besar adalah abstraksi, ringkasan atau ikhtisar karangan.


6. Treadment


Treatment adalah pengembangan jalan cerita dari sebuah sinopsis yang di dalamnya berisi plot secara detail namun cukup padat. Treatment bisa diartikan sebagai kerangka skenario yang tugasnya adalah membuat sketsa dari penataan konstruksi dramatik.


7. Product line


Menurut bahasa ekonomi adalah sekumpulan produk dalam kelas produk yang berhubungan erat. untuk pengertian lebih lanjut kurang lebih gambarnya seperti ini



8. Storyboard

Papan cerita (bahasa Inggris: Storyboard) adalah salah satu cara alternatif untuk mensketsakan kalimat penuh sebagai alat perencanaan. Papan cerita menggabungkan alat bantu narasi dan visual pada selembar kertas sehingga naskah dan visual terkoordinasi.

Sekian kurang lebihnya saya mohon maaf bro...

Wassalau'alaikum Wr.Wb. :-)

0 komentar:

Posting Komentar